Cara Membuat Kue Brownies yang Enak dan Mudah di Rumah

Brownies, Si Manis yang Bikin Lidah Bergoyang!

Hello Sobat Kawanberita! Siapa yang tidak suka dengan kue brownies? Kue yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat siapa saja yang mencobanya tidak bisa berhenti mengunyah. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat kue brownies yang enak dan mudah di rumah. Jadi, yuk simak ulasan berikut ini!

Sebelum kita mulai, pastikan sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue brownies antara lain:

– 200 gram dark chocolate

– 150 gram mentega

– 150 gram gula pasir

– 3 butir telur

– 100 gram tepung terigu

– 50 gram cokelat bubuk

– 1 sendok teh vanili bubuk

– 1/2 sendok teh garam

– 100 gram kacang kenari atau almond (opsional)

– 100 gram cokelat batang, potong-potong (opsional)

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melelehkan dark chocolate dan mentega. Caranya, bisa dengan menggunakan microwave atau dengan cara ditim. Jika menggunakan microwave, letakkan dark chocolate dan mentega dalam mangkuk tahan panas, lalu panaskan selama 1-2 menit hingga meleleh sempurna. Jika menggunakan cara ditim, letakkan mangkuk berisi dark chocolate dan mentega di atas panci berisi air mendidih. Aduk hingga meleleh sempurna.

Selanjutnya, dalam wadah terpisah, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Tambahkan dark chocolate yang sudah meleleh, aduk rata. Setelah itu, masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Jika ingin menambahkan kacang kenari atau almond, tuangkan sebagian adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialas kertas roti. Kemudian, taburkan kacang kenari atau almond di atasnya. Tuangkan sisa adonan di atasnya, ratakan permukaannya. Jika ingin menambahkan potongan cokelat batang, letakkan potongan cokelat di atas adonan.

Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Panggang adonan selama 20-25 menit atau hingga matang. Untuk memastikan apakah kue brownies sudah matang atau belum, bisa dilakukan dengan cara menusukkan tusuk gigi ke bagian tengahnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

Setelah matang, keluarkan kue brownies dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong-potong. Brownies siap disajikan!

Kesimpulan

Membuat kue brownies yang enak dan mudah di rumah memang tidak sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Kawanberita bisa mencoba membuat kue brownies sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!