homescontents

Pesona alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari pegunungan yang menjulang tinggi, lautan yang menampilkan pesona bawah laut sampai beberapa taman nasional yang memiliki kekayaan flora dan fauna unik. Tentunya, mengeksplorasi keindahan dan kekayaan alam Indonesia tersebut menjadi impian banyak orang. Bayangkan, hanya dengan mengunjungi taman nasional, kamu bisa merasakan refreshing sekaligus belajar tentang kekayaan alam Indonesia.

Ingin tahu apa saja taman nasional di Indonesia yang harus masuk wishlist untuk dikunjungi? Yuk cek di bawah ini.

10 Taman Nasional Indonesia Terfavorit

1. Taman Nasional Karimunjawa

Secara geografis, Pulau Karimun Jawa berada di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sekitar 120 km di utara Kota Semarang. Pulau ini hanya bisa dijangkau dengan perahu melalui Jepara atau Semarang dengan memakan waktu kurang lebih enam jam.

Kawasan taman nasional di Indonesia satu ini memiliki bentang alam sangat beragam meliputi hutan bakau, padang lamun, padang rumput, hutan hujan tropis, hutan pesisir, hingga keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang dan biota laut yang cantik

Tak cuma keindahan alamnya saja, Karimunjawa populer akan penangkaran Hiu yang ada di tempat ini dimana para wisatawan yang datang bisa melihat dekat hiu-hiu yang dikonservasi di taman nasional ini

2. Taman Nasional Baluran

Banyak yang bilang, Taman Nasional Baluran ini adalah Afrika kecil di Pulau Jawa. Memasuki kawasan taman nasional di Indonesia ini kamu akan langsung disuguhkan savana Bekol dengan latar Gunung Baluran. Kamu pun bisa melihat rusa dan monyet yang hidup bebas di tempat ini.

Bergeser ke timur, masih dalam kawasan Taman Nasional Baluran, terdapat Pantai Bama yang menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih dan laut biru membentang luas.

3. Taman Nasional Wakatobi

Buat para penyuka laut dan pantai, Taman Nasional Wakatobi merupakan destinasi wisata yang paling pas untuk didatangi. Taman Nasional di Indonesia satu ini menyimpan jutaan kekayaan hayati laut, mulai dari ikan, tanaman laut, hingga terumbu karang.

Wakatobi setidaknya menyimpan 25 gugusan terumbu karang cantik. Untuk melihatnya, kamu perlu menyelam, ya. Di kawasan taman nasional di Indonesia ini juga tersedia banyak resort yang menawarkan pengalaman liburan yang tak hanya nyaman namun memukau.

4. Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo memang jadi tujuan wisata yang sangat mainstream di Indonesia. Namun, mengunjunginya berkali-kali rasanya takkan memberikan rasa bosan. Pulau ini sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang jadi rumah untuk para Komodo, hewan endemik Indonesia yang hidup bebas.

Bila memang beruntung saat datang ke sana, kamu juga bisa melihat rusa timor, kuda liar, monyet ekor panjang, dan kerbau liar. Ada juga spot diving yang cukup populer di kawasan taman nasional di Indonesia ini yang kabarnya menjadi jalur migrasi paus, penyu, lumba-lumba, hiu, dan ikan duyung.

5. Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional di Indonesia yang satu ini sudah terkenal di seluruh wilayah ASEAN. Taman Nasional Way Kambas berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, dan jadi rumah untuk para gajah sumatera. Di sana, gajah dilatih untuk melakukan banyak hal, termasuk bersosialisasi dengan hewan lain dan juga manusia.

Tak cuma gajah sumatera, taman nasional di Indonesia ini juga merupakan rumah bagi satwa-satwa langka lainnya seperti badak sumatera, harimau sumatera hingga tapir.

Taman Nasional Way Kambas pun sudah dinobatkan sebagai Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park). Taman ini merupakan satu dari empat taman nasional di Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.

6. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman nasional di Indonesia selanjutnya ini terkenal dengan badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) yang populasinya sudah semakin terancam. Tempat ini punya luas 107.489 hektar dan merupakan Situs Warisan Dunia. Taman Nasional Ujung Kulon menjadi habitat dari berbagai satwa liar, seperti merak, banteng, kera ekor panjang, babi hutan, dan ayam hutan

Bukan hanya hutan yang jadi rumah dari sang badak, di kawasan taman nasional di Indonesia  kamu juga bisa menjumpai pantai dengan pasir putih di lokasi yang berada di paling ujung barat Pulau Jawa ini.

7. Taman Nasional Gunung Leuser

Pesona alam liar dengan hutan hujan tropis dan sungai dengan arus yang pelan jadi pemandangan yang akan ditemui di taman nasional di Indonesia selanjutnya ini. Taman Nasional Gunung Leuser berada di dua provinsi paling utara di Pulau Sumatera, yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

Hutan hujan tropis di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser juga jadi rumah untuk puluhan orangutan Sumatera. Bila cuaca bersahabat, para pengunjung bisa masuk ke dalam hutan dan bertemu langsung dengan populasi hewan yang dilindungi tersebut.

8. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Keindahan Papua memang sudah terkenal sejak lama. Selain Kepulauan Raja Ampat, Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Lokasi taman nasional Indonesia satu ini berada di sebelah timur dari kepala cendrawasih Pulau Papua.

Karena kawasan taman nasional di Indonesia ini didominasi perairan, Taman Nasional Teluk Cendrawasih pun banyak menyimpan biota laut lengkap dengan terumbu karang yang sangat indah. Tak heran jika taman nasional di Indonesia ini menjadi salah satu spot menyelam yang cukup populer.

9. Taman Nasional Lorentz

Selain Taman Nasional Teluk Cendrawasih, ada pula  Taman Nasional Lorentz yang berlokasi di  daratan Papua. Untuk menjangkau taman nasional di Indonesia satu ini mungkin butuh waktu yang panjang dan perjuangan yang tak mudah. Namun, semua itu akan terbayar lunas dengan pemandangan menawan di antara gunung dan pepohonan yang tiada duanya.

Taman nasional di Indonesia ini memiliki luas 2,4 juta hektare dan merupakan tempat berdiamnya suku asli Papua, seperti suku Dani Barat, suku Asmat, suku Nduga, dan suku Sempan. Taman Nasional Lorentz pun sudah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1999.

10. Taman Nasional Bunaken

Taman nasional di Indonesia lainnya yang sudah sangat populer adalah Taman Nasional Bunaken yang berada di Sulawesi Utara. Taman nasional di Indonesia satu ini menjadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang dan 90 spesies biota laut. Jadi, bisa kamu bayangkan betapa memukaunya pemandangan bawah laut di Taman Nasional Bunaken, bukan?

Mulailah rencana traveling-mu dengan menyiapkan berbagai perlengkapan seperti sepatu, backpack, dan lainnya. Eiger Adventure punya banyak pilihan backpack terbaik untuk kamu, lho! Dari pada penasaran, langsung saja kunjungi website-nya. Dan kamu bisa belanja online dari rumah dengan sangat mudah. Borong sekarang, mumpung ada banyak promo menarik!

 

By Saputra