Jangan Buru-Buru Beli, Ketahui Dulu Jenis-Jenis Bawang Putih yang Banyak Dijual di Pasaran Ini

Bawang putih adalah bumbu penting dalam membuat beragam jenis hidangan di Indonesia, karena ialah yang akan menciptakan cita rasa gurih pada masakan, juga berguna untuk membuat aroma makanan menjadi lebih menggugah selera. Bukan termasuk bumbu dapur yang mahal juga, karena bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya saja memang dalam pemakaiannya sendiri harus dengan takaran yang tepat, jika tak ingin cita rasa masakan terlalu kuat bawang putihnya.

Jenis-Jenis Bawang Putih

Jarang mungkin yang tahu ternyata bawang putih ini sendiri memiliki cukup banyak jenis. Pastinya berbeda jenis maka akan berbeda pula pemakaiannya, yaitu:

  1. Bawang putih kating, ia termasuk dalam bawang putih impor yang berasal dari negara Tiongkok. Umumnya masyarakat Indonesia sendiri paling banyak yang menggunakan jenis bawang putih ini, karena punya aroma dan juga cita rasa kuat, ukuran untuk satu bonggolnya tergolong kecil, namun untuk ukuran siungnya besar, dagingnya juga padat dan basah.
  2. Bawang putih shin chung, ia dikenal juga dengan nama bawang putih honan yang berasal dari negara Tiongkok, ia juga kerap dijadikan sebagai alternatif pengganti bawang putih kating ketika harganya tengah tinggi, memiliki ciri khas berkebalikan dari bawang putih kating karena ukuran kerompolannya besar, namun dengan siung yang lebih kecil.
  3. Bawang putih lokal, karena memang produksinya terbatas, sehingga mungkin Anda akan jarang menjumpainya di pasaran. Hanya saja ketika jenis bawang putih impor harganya tengah melambung tinggi, maka jenis lokal inilah yang kemudian banyak diburu oleh masyarakat di pasaran.
  4. Bawang putih lanang, , bawang putih ini terbilang unik karena memang hanya terdiri dari satu siung saja untuk satu bonggolnya, harganya juga mahal dan umum digunakan sebagai bahan untuk obat, seperti diantaranya adalah untuk mengatasi flu, kolesterol sampai dengan tekanan darah tinggi.

Hidangan Nikmat Bagi Pecinta Bawang Putih

Bagi Anda yang senang dengan rasa dan juga aroma bawang putih, maka bisa mencoba membuat beberapa jenis hidangan yang satu ini, yaitu:

  1. Garlic and parmesan pan fried shrimp, ini adalah olahan dari udang yang dimasak dengan bumbu bawang putih yang kuat. Sangat cocok dijadikan sebagai appetizer atau menu pembuka makanan apalagi ditambah dengan cocolan saus.
  2. Baby buncis masak bawang putih, baby buncis ini punya rasa yang lebih manis dan tekstur lembut dibandingkan dengan yang sudah tua, paling enak dimakan dengan bawang putih untuk cita rasa lebih kuat.
  3. Herby pasta with garlic and green olives, pasta yang satu ini dimasak dengan bumbu bawang putih dan minyak zaitun sehingga akan lebih sehat, bagus bagi yang sedang diet.
  4. Kerupuk bawang, putih, makanan lokal maka jangan lupakan kerupuk dengan rasa bawang putih yang kuat ini, dapat dijadikan sebagai pelengkap ketika Anda makan.

Apa Itu TaniHub?

Guna berbelanja beragam jenis kebutuhan dapur, termasuk diantaranya adalah bumbu-bumbu masakan sekarang jadi lebih mudah, yaitu bisa lewat aplikasi TaniHub. Apa itu? Yaitu sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang khusus menjual produk-produk hasil pertanian lokal, langsung didapatkan dari para petani lokal yang ada di Indonesia. Ada banyak tawaran promo istimewa di TaniHub ini, sehingga nantinya Anda bisa berbelanja secara lebih puas dengan harga yang jauh lebih hemat pastinya. Sehingga tak perlu ragu lagi belanja lewat TaniHub.