Review Singkat Kamera Nikon D3300 Dan Kelebihannya

Nikon D3300 meneruskan jalan para pendahulunya di kelas kamera DSLR entry-level atau pemula, dengan dibekali banyak fitur seperti mode built-in shooting dan retouch serta user interface yang ramah bagi pemula.

Nikon D3300 punya sensor CMOS 24,2 megapixel tanpa filter low-pass optic yang menjamin resolusi tinggi dengan prosesor gambar EXPEED 4. Kisaran ISO mulai dari 100 hingga 25.000 yang menjamin gambar berkualitas tinggi dan rendah noise.

Nikon D3300 juga bisa melakukan pengambilan foto secara terus menerus hingga 5 fps. Kamera DSLR ini juga mampu merekam video full HD 1080/60p. Hadir dengan lensa kit yang baru, didesain agar kompak dan dapat dilipat, yaitu lensa 18-55mm F3.5-5.6 VR II. Berbagai opsi nirkabel untuk konektivitas smartphone atau tablet bisa dicapai lewat modul WU-1a milik Nikon maupun kartu SD Eye-Fi.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut dibawah ini review singkat kamera Nikon D3300 dan kelebihannya :

1. Simple Dan Sederhana

Nikon D3300 punya tujuan untuk bisa menjadi kamera DSLR pemula dan berhasil mencapai sasaran tersebut. Kamera ini bisa berfungsi dengan baik dalam mode point-and-shoot dan juga memiliki sebagian besar kontrol yang tepat bagi kamu yang ingin mode manual basic seperti Aperture atau Shutter.

2. Menawarkan Sejumlah Fitur Bagus Yang Tidak Dimiliki Pesaingnya

Dari sekian banyak kamera DSLR entry-level lainnya, spesifikasi kamera Nikon D3300 ini menawarkan beberapa fitur bagus yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Antara lain seperti resolusi tinggi dikelasnya, video 1080/60p, dan daya tahan baterai 700 shot (sangat bagus dibandingkan dengan kamera mirrorless). Ketiga fitur tersebut menjadi alasan kuat kenapa kamera Nikon D3300 ini layak dipilih.

3. Punya Jendela Bidik Optik Dengan Cakupan 95% Yang Baik

Nikon D3300 juga punya jendela bidik optic dengan cakupan 95% yang baik (meski Pentax memang jauh lebih baik dibandingkan dengan K-500 yang memiliki OVF 100%). Nikon D3300 punya sistem AF 11-titik yang handal dan kecepatan burst 5 fps.

4. Mampu Menghasilkan JPEG Berkualitas Baik

Kamera Nikon D3300 mampu menghasilkan JPEG berkualitas baik, dengan performa ISO tinggi yang terbaik dikelasnya. File RAW-nya pun bisa bertahan dengan baik untuk post processing, dan gambar ISO RAW yang rendah memberikan banyak ruang untuk menyesuaikan tone shadow tanpa penalti noise yang tinggi.

Kualitas videonya pun bagus, meski siapa pun yang ingin mengambil kendali manual atas pengaturan mungkin akan merasa kurang cocok dengan perilaku Nikon D3300 dalam hal ini.

5. Dapat Diandalkan Untuk Menghasilkan Gambar Bagus Tanpa Banyak Noise

Intinya kamera Nikon D3300 ini bisa diandalkan untuk menghasilkan gambar yang sangat bagus tanpa banyak noise. Beberapa alat dalam kamera untuk kreativitas dan pemrosesan disediakan, namun kekuatan nyata Nikon D3300 adalah gambar berkualitas tinggi dan bersolusi tinggi yang akan lebih memuaskan para pemula.

Berikut kelebihan kamera Nikon D3300 :

  • Sensor APS-C 24 megapixel yang digunakannya merupakan salah satu yang terbaik dikelasnya.
  • Punya bodi ringan dan proposional.
  • Video HD yang detail dan juga smooth 1080/60p.
  • Punya tombol Fn yang dapat disesuaikan yang memungkinkan pengguna untuk mengakses langsung ke ISO atau White Balance.
  • Punya tombol command dial belakang yang menjadikan mode P, mode A, dan mode S mudah.
  • File RAW-nya menyediakan banyak ruang untuk koreksi termasuk juga penyesuaian kurva tone.
  • Membawa baterai yang sangat baik dengan penilaian CIPA hingga mencapai 700 foto.

Leave a Comment